Latest Games :
Home » , » Dunia Pendidikan Diharap Berperan Berantas Korupsi

Dunia Pendidikan Diharap Berperan Berantas Korupsi

Jumat, 10 Agustus 2012 | 0 komentar

YOGYAKARTA – Budaya korupsi di Indonesia dinilai semakin melumpuhkan tata nilai bangsa, termasuk pendidikan. Bahkan agama sulit menjamin tindakan korupsi tak dilakukan.
Di sinilah dituntut peran pendidikan untuk mengajarkan kejujuran pada generasi penerus sejak dini. "Agama tidak berhasil memberantas korupsi di masyarakat karena orang beragama tidak menjamin dirinya lebih jujur. Pendidikan menjadi alternatif pemberantasan korupsi sepenuhnya," ujar budayawan Franz Magnis Suseno SJ dalam Seminar Nasional Menimbang Peradaban Bangsa-Malunya Jadi Orang Indonesia di Universitas Kristen Duta Wacana, kemarin.

Menurut Magnis, di era modernisasi ini uang menjadi pembuka semua pintu untuk terjadinya praktik korupsi. Padahal merajalelanya korupsi mengakibatkan disintegrasi sosial. Tidak hanya agama, budaya sering memainkan peranan dalam praktik korupsi. Dia mengakui pemberantasan korupsi menjadi perjuangan berat yang menuntut tekad dan kesabaran.

"Ada nilai-nilai, pandangan, dan etis yang mempersulit maupun mempermudah merajalelanya korupsi. Karena itu, ketika agama maupun budaya tak bisa mengatasi persoalan tersebut, dunia pendidikan diharapkan mampu ikut berperan," paparnya.

Magnis menjelaskan, untuk bisa melakukan pemberantasan korupsi, pola pendidikan harus diubah. Sejak di rumah hingga di sekolah, pola pendidikan orang Indonesia tidak mengajarkan berpikir sendiri dan tidak berani kritis.

Seniman dan budayawan Butet Kartaredjasa mengimbuh, saat ini sedang terjadi pembusukan terhadap bangsa yang dilakukan petinggi negara. Aktor utama penipuan berjamaah adalah para politisi dan penegak hukum yang saling bermain siasat seolah menjadi yang paling benar.

"Masyarakat sebenarnya dapat melawan proses pembusukan bangsa ini, yakni melakukan perubahan di satuan-satuan kecil di berbagai sektor termasuk bidang seni," paparnya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mohamad Taufik - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger